Sudah Cukup Tidur, Tapi kok Ngantuk, ya?

|10.01 am

“Sudah cukup tidur, tapi kok masih ngantuk, ya?”

Mendengar rekan kerjaku berkata demikian, lalu aku pun mulai bercerita tentang sebuah film yang berjudul Protect The Boss. Sebuah film dimana ada satu adegan seorang sekretaris mengajarkan posisi tidur seperti seorang bayi dalam kandungan pada boss-nya yang arogan agar dapat tidur. Keduanya tidur saling berhadapan, dengan posisi tubuh dimiringkan dan telapak tangan sebagai bantal di pipi. Mirip seperti dua bayi mungil yang tertidur dalam perut seorang ibu.

Yang menjadi perhatianku, bukanlah cinta yang mulai tumbuh diantara keduanya melainkan posisi tidurnya. Sama persis dengan posisi tidur Rasulullah: menggunakan telapak tangan sebagai bantal, tubuh dimiringkan ke kanan dan sedikit menekuk kaki.

“Mungkin tidur kamu kurang berkualitas. Jumlah oksigen yang masuk ke tubuh saat kamu tidur jumlahnya kurang. Saat kamu bangun, badan kurang segar dan efeknya ngantuk di kerjaan,” jelasku pada rekan kerjaku ketika itu.

Aku pun mengajarkan posisi tidur seperti bayi dalam kandungan ala film Protect The Boss atau lebih tepatnya ala Rasulullah!

Berikut adalah ragam manfaat yang didapat dengan mempraktekan tidur ala Rasulullah:

  • Menggunakan telapak tangan sebagai bantal.

Kita tentu sering dengar bahwa posisi leher sangat mempengaruhi kualitas tidur. Leher yang tidak lurus pada saat tidur menyebabkan sakit leher pada saat bangun dan biasanya ini menetap beberapa lama sehingga mengganggu aktifitas. Maha suci Allah yang menciptakan tangan sedemikian rupa sehingga apabila kita lihat orang yang tidur dengan telapak tangan, maka antara kepala-leher dan punggung tercipta garis lurus.

  • Tubuh dimiringkan ke kanan.

Tidur miring kesebelah kanan membuat jantung yang memang berada lebih disebelah kiri tidak tertimpa organ lain. Sehingga kinerja jantung dalam mensirkulasi darah ketika tidur dapat berjalan dengan baik. Selain itu jalan nafas pun tidak tersumbat (mendengkur) sehingga kebutuhan oksigen yang masuk ke tubuh tercukupi.

  • Sedikit menekuk kaki.

Fungsi dari sedikit menekuk kaki adalah untuk mengendurkan otot-otot perut sehingga terjadi relaksasi. Tidurpun menjadi lebih nyaman.

Semoga beroleh manfaat dari note ini. Met istirahat…

Karawang, 11 Dzulhijah 1433 H 10.19 pm

***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s