Pendidikan, Kurikulum dan Pengajaran

Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam

Judul Makalah : Pendidikan, Kurikulum dan Pengajaran

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam perkembangan kehidupan manusia.

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Dengan memahami kurikulum, para pendidik dapat memilih dan menentukan metode, tekhnik, media pengajaran, dan alat evaluasi pengajaran yang sesuai dan tepat.

Untuk itu, keberhasilan sistem pendidikan, ditentukan oleh semua pihak, sarana yang baik dan kurikulum yang tepat guna. Sudah sewajarnya para pendidik dan tenaga kependidikan memahami pendidikan, kurikulum, dan pengajaran serta berusaha untuk mengembangkannya.

1.2  Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian pendidikan, kurikulum dan pengajaran?
  2. Apa tujuan pendidikan, kurikulum dan pengajaran?
  3. Apa saja komponen-komponen pendidikan, kurikulum dan pengajaran?

1.3  Tujuan

  1. Mengetahui pengertian pendidikan, kurikulum dan pengajaran
  2. Mengetahui tujuan pendidikan, kurikulum dan pengajaran
  3. Mengetahui komponen-komponen pendidikan, kurikulum dan pengajaran

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pendidikan

  1. Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

  1. Tujuan Pendidikan

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan dirumuskan sebagai berikut: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

  1. Komponen Pendidikan

Berdasarkan pendekatan sistem, secara sederhana komponen-komponen pendidikan terdiri atas :

  • Raw input yaitu peserta didik
  • Instrumental input yaitu guru dan kurikulum.
  • Environmental input yaitu situasi keamanan masyarakat yang baik secara langsung maupun tak langsung mempengaruhi jalannya proses pendidikan.

2.2  Kurikulum

  1. Pengertian Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

  1. Fungsi Kurikulum

Pada dasarnya kurikulum itu berfungsi sebagai pedoman atau acuan. Bagi guru, kurikulum itu berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bagi sekolah, kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan supervisi atau pengawasan. Bagi siswa itu sendiri, kurikulum berfungsi sebagai suatu pedoman belajar.

  1. Komponen Kurikulum

Ada 4 unsur komponen kurikulum yaitu sebagai berikut :

  • Tujuan

Dalam setiap kurikulum lembaga pendidikan, pasti dicantumkan tujuan-tujuan pendidikan yang akan atau harus dicapai oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah tersebut dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan, yaitu sebagai berikut.

a)      Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

b)      Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

c)      Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

d)     Tujuan pendidikan institusional tersebut kemudian dijabarkan lagi ke dalam tujuan kurikuler; yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dari setiap mata pelajaran yang dikembangkan di setiap sekolah atau satuan pendidikan.

  • Isi atau Materi

Materi kurikulum menyangkut proses penentuan bahan atau materi yang perlu dipahami oleh peserta didik. Pengembangan materi kurikulum bersumber pada beberapa aspek, yaitu masyarakat beserta budayanya, siswa, dan ilmu pengetahuan. Setiap aspek harus diseimbangkan satu sama lain agar kurikulum yang terbentuk menjadi lebih berkualitas.

  • Strategi Pelaksanaan

Strategi merujuk pada pendekatan dan metode serta peralatan mengajar yang digunakan dalam pengajaran. Tetapi pada hakikatnya strategi pengajaran tidak hanya terbatas pada hal itu saja. Strategi pengajaran tergambar dari cara yang ditempuh dalam melaksanakan pengajaran, mengadakan penilaian, pelaksanaan bimbingan dan mengatur kegiatan, baik yang secara umum berlaku maupun yang bersifat khusus dalam pengajaran.

  • Evaluasi

Dalam pengertian terbatas, evaluasi kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa tingkat ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan melalui kurikulum yang bersangkutan. Sedangkan dalam pengertian yang lebih luas, evaluasi kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa kinerja kurikulum secara keseluruhan ditinjau dari berbagai kriteria.

Evaluasi kurikulum memegang peranan penting, baik untuk penentuan kebijakan pendidikan pada umumnya maupun untuk pengambilan keputusan dalam kurikulum itu sendiri. Hasil-hasil evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebijakan pendidikan dan para pengembang kurikulum dalam memilih dan menetapkan kebijakan pengembangan sistem pendidikan dan pengembangan model kurikulum yang digunakan.

2.3  Pengajaran

  1. Pengertian Pengajaran

Pengajaran adalah interaksi belajar mengajar antara komponen-komponen pengajaran khususnya antara guru dan siswa dengan komponen-komponen pengajaran lainnya. Pengajaran juga sering diartikan sama dengan kegiatan pendidikan.

  1. Tujuan Pengajaran

Tujuan pengajaran antara lain adanya perubahan dalam pola berfikir, perasaan, serta dalam tingkah laku yang lebih baik pada diri siswa, serta tertanamnya dalam diri siswa tentang kebutuhan akan belajar serta manfaat belajar.

  1. Komponen Pengajaran

Komponen-komponen pengajaran meliputi :

  • Tujuan pendidikan
  • Peserta didik atau siswa
  • Tenaga kependidikan khususnya guru
  • Perencanaan pengajaran sebagai suatu segmen kurikulum
  • Strategi pembelajaran
  • Media pengajaran
  • Evaluasi pengajaran

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

  1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  2. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
  3. Pengajaran adalah interaksi belajar mengajar antara komponen-komponen pengajaran khususnya antara guru dan siswa dengan komponen-komponen pengajaran lainnya. Pengajaran juga sering diartikan sama dengan kegiatan pendidikan.

3.2 Daftar Pustaka

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. http://technurlogy.wordpress.com/2010/04/03/pendidikan-kurikulum-dan-pengajaran
  3. http://ikhwan-insancita.blogspot.com/2012/05/pengertian-kurikulum-fungsi-dan.html
  4. http://abdulrahmansaleh.com/2010/12/tujuan-pendidikan-tingkat-satuan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s