Menuntut Ilmu untuk Meraih Cinta-Nya

Aku tak pernah berpikir untuk menjadi Mahasiswa dari sebuah Universitas. Aku tak pernah berpikir pula untuk menjadi seorang santri di sebuah Pondok Pesantren. Semua tak terencanakan olehku sebelumnya. Tapi kini aku justru sibuk dengan aktivitas keduanya.

Aku masih ingat ketika pertama kali aku menjejakkan kaki di Universitas. Aku hanya duduk diam di atas sepeda motor seperti ‘orang bodoh’ melihat gedung Universitas dari tempat parkir. Memutuskan sesuatu itu awalnya tidaklah mudah. Meskipun sebelumnya sudah sholat untuk meminta kemantapan hati, tapi rasa ragu mulai menggelayut di hati.

Alhasil, aku duduk diam di atas sepeda motor hampir satu jam! Kalau ditanya: Apa yang dilakukan selama itu? Melihat gedung, melihat deretan sepeda motor, melihat hilir-mudik mahasiswa, merasakan terpaan angin, hingga aku sempat menghitung daun-daun yang jatuh ke tanah satu demi satu.

Akhirnya, kutarik nafas dalam-dalam, lalu turun dari sepeda motor dan melangkah pergi untuk mengambil formulir Mahasiswa Baru di gedung yang aku tatap dalam-dalam tadi. Aku buang jauh rasa ragu yang sempat mendominasi pikiranku. Aku buang ke tong sampah bersama bungkusan permen.

Bukankah setiap kebaikan itu harus diupayakan. Tak ada salahnya menyibukan diri meski di usia yang sudah tak remaja. Tak ada salahnya menyibukkan diri dengan ilmu pengetahuan agar menjadi manusia yang memberi manfaat kepada yang lain.

Menuntut ilmu untuk meraih cinta-Nya!

Aku mengambil formulir pendaftaran Mahasiswa Baru dan sempat bertanya segala sesuatunya di bagian pendaftaran. Setelahnya, aku memutuskan untuk memilih satu fakultas untuk program study-ku. Sebuah fakultas yang kini menjadi tempatku untuk mengikis lelah sepulang bekerja. Sebuah fakultas yang berhasil men-scanning hatiku yang tak tertata ketika awal perkuliahan. Sebuah fakultas yang berhasil menstabilkan emosi dan pikiranku…

#Fakultas Agama Islam

unsika 1

Tinggalkan Balasan

